"Memasukkan tokoh Orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) ke Dalam Novel."

Obrolan Seru-seruan. Tambah Ilmu. Tambah Teman.

peduli odgj
  • Sabtu, 26 Juni 2021
  • Pukul 19.00-20.30 WIB

  • Live di Zoom Meeting
  • Donasi Rp50.000 (boleh lebih). Donasi kami teruskan untuk karya sosial Roemah Difabel, Semarang.
  • Doorprize voucher menginap di Hotel Grand Mercure, Yogyakarta 

Apa Ciri Novel yang Memikat dan Kuat Kisahnya?

Novel yang menarik untuk dibaca hingga tuntas bila karakter tokohnya kuat, alur ceritanya utuh dan masuk akal, dan terdapat konflik di dalamnya. Untuk menggambarkan karakter tokoh yang kuat, terutama bila tokoh utamanya mengalami gangguan psikologis, perlu ada pemahaman lebih mendalam tentang gangguan psikologis itu.

Gangguan psikologis bervariasi klasifikasi dan tingkat keparahannya. Mulai dari gangguan penyesuaian hingga ke gangguan mental kronis seperti skizofrenia. Pada beberapa kasus, gangguan psikologis tersebut tidak hanya satu jenis saja yang dialami individu, tapi gabungan dengan gejala gangguan psikologis lainnya. Semakin kompleks gangguan psikologis yang dialami tokoh, akan makin rumit pula konflik hidupnya.

Di dalam kehidupan nyata, orang-orang dengan gangguan psikologis tersebut belum tentu menyadari bahwa dirinya bermasalah. Mereka beranggapan bahwa orang lain yang tidak bisa memahami, tidak mau membantu, tidak menyukainya, dan sejumlah persepsi negatif lainnya. Mereka juga seringkali mengalami konflik relasi sehingga tidak mampu bekerja, tidak bisa menjalankan peran sosialnya dan dalam kasus terberat mereka ditelantarkan.

Apabila novelis mempunyai pemahaman lebih luas dan mendalam tentang berbagai gangguan psikologis tersebut, maka diharapkan novelis tidak kehabisan ide untuk plot ceritanya. Alurnya akan mengalir lancar seperti air. Semoga.

Pengisi Acara

Naftalia Kusumawardhani, S.Psi, M.Si, Psikolog

Naftalia adalah Psikolog Klinis di RS Mitra Keluarga Waru, Sidoarjo, Jawa Timur. Saat ini Naftalia menjadi tenaga pengajar tidak tetap pada Fakultas Psikologi Universitas 17 Agustus 1945 pada Program S2 Profesi Psikologi. Kegemarannya menulis dituangkan dalam kolom Kompasiana dan media sosial lainnya. Naftalia juga menulis buku berjudul Daruma’s Secret Power: Tegar dalam Badai (2014), berkontribusi dalam buku antologi ‘Let’s Talk about Mom : Tentang Diri, Eksistensi dan Mimpi’ (2013), dan bergabung sebagai penulis dan tim editor untuk Buku Penatalaksanaan Gangguan Psikologi (2020), serta berkesempatan menjadi kontributor tulisan untuk beberapa buku.

Christina Susriasih, S.Psi., Psikolog

Christina Susriasih adalah seorang psikolog klinis berusia empat puluh empat tahun. Aktivitas sehari-hari sebagai psikolog associate di sebuah biro psikologi, setelah sebelumnya bekerja sebagai Recruitment Specialist di beberapa perusahaan multinasional. Menggunakan nama pena Christina Yoga, ia baru saja meluncurkan 'Desita', sebuah novel yang mengisahkan perjuangan perempuan dengan gangguan jiwa. Mempunyai blog pribadi: setelahempattahun.blogspot.com. Christina bisa dihubungi di email: christinabpn@gmail.com dan IG: christinayoga14.

Anang YB

Anang YB, founder Akademi Penulis Buku, sebuah tempat berlatih menulis yang memiliki 1000+ partisipan dan terus bertambah. Anang YB sudah menulis 80+ naskah buku dan selama 13 tahun menjadi penulis profesional. Saat ini Anang YB memfokuskan profesi menulisnya dengan menjadi ghostwriter, penulis biografi, dan mentor menulis. Sebagai penulis generalis, Anang YB telah menulis buku inspirasi, biografi, parenting, psikologi, bisnis dan pemasaran, juga buku-buku rohani. Lebih jauh mengenal Anang YB dapat melalui situs http://ghostwriterindonesia.com dan penulisbuku.com

Donasi untuk mengikuti acara ini adalah Rp50.000 (boleh lebih) untuk kami salurkan kepada Roemah Difabel, Semarang (instagram.com/roemahdifabelsmg)

Atas partisipasi dan donasi Anda, kami sediakan doorprize bagi partisipan yang beruntung berupa gratis menginap di Grand Mercure Hotel, Yogyakarta (5 star hotel )

Name - City
Membeli Product Time