Sibu Suwarti Kelembutan dan Kekuatan

Judul Buku                : Sibu Suwarti, Sebuah Memoar

Nama Pengarang       : Nening S. Khasbullah

Tahun Terbit             : 2021

Ketebalan buku         : 197 halaman

Edisi buku                 : Kesatu

Penerbit : WIN Media Literatama

Peresensi: Eri Fitniati
Sibu Memoar

Buku Sibu Suwarti sebuah memoar berisi tentang kehidupan keluarga RM Wirjo Soegito. Sibu Suwarti merupakan sosok janda muda yang hebat yang kemudian masuk ke dalam keluarga RM Wirjo Soegito saat ia dinikahi RM Wirjo Soegito yang merupakan duda dengan lima orang anak. Sibu yang memiliki jiwa penyantun, penyayang dan pengayom itu bisa dengan mudah beradaptasi dengan lingkungan barunya. Ia juga harus menjadi ibu bagi masyarakat Desa Ngesrep yang memiliki  tujuh Dusun yaitu Kaliwungu, Tanjungsari, Tegalrejo, Kebonagung, Ngesrep, Mangunrejo dan Gijegan karena suaminya yaitu RM Wirjo Soegito adalah Lurah Desa Ngesrep. Beliaupun bisa dengan mudah berbaur dengan masyarakat menjadi panutan bagi para masyarakat, pemberi nasehat dan juga pemberi solusi bagi masalah-masalah kaum perempuan di Desa tersebut.

Sibu yang ulet, rajin dan mampu mengayomi kelima anak tiri dan juga masyarakat Desa Ngesrep membuat RM Wirjo Soegito begitu bersyukur memiliki istri seperti Sibu. Sibu adalah panggilan atau sapaan anak-anak RM Wirjo Soegito kepada Ibu Suwarti. Pernikahan Ibu Suwarti dan RM Wirjo Soegito dikaruniai delapan anak sehingga jumlah anak dalam keluarga tersebut menjadi tiga belas anak. Seiring berjalannya waktu RM Wirjo Soegito mulai sering sakit dan akhirnya meninggal dunia dengan prediksi dokter adalah sakit Carektum (kanker poros usus). Saat itulah peran Sibu menjadi lebih jelas, ia harus merawat dan mendidik anak-anaknya dengan baik, mengantarkan mereka untuk dapat sekolah setinggi-tingginya. Sibu terus berdoa agar diberi kekuatan dan perlahan ia bangkit dari keterpurukannya. Ia menggarap lahan sawah untuk makan sehari-hari dan juga untuk berjualan di Pasar. Tiap hari ia datang ke Pasar dengan dibantu oleh Dewi Kiswani anak perempuannya yang saat itu masih SMA. Ketegasan dan kelembutan Sibu membuat anak-anaknya tumbuh menjadi pribadi yang hebat yang mampu menyelesaikan permasalahannya masing-masing dengan baik. Selain menjelaskan sosok Sibu Suwarti, buku ini juga berisi tentang pandangan serta kenangan anak dan cucu beliau yang semuanya sangat salut dan kagum terhadap Sibu Suwarti.

Nening S. Khasbullah lahir di Purbalingga Februari 1954. Pensiunan Departemen Agama ini telah menulis lebih dari 20 buku antologi dan beberapa buku solo. Penulis yang biasanya disapa dengan eyang Nening ini merupakan salah satu anggota FLP Tegal yang memiliki semangat tinggi dalam dunia literasi.

Kelebihan dan Kekurangan Buku

Kelebihan buku ini yaitu bahasanya mengalir, enak dibaca mampu mengantarkan pembaca untuk merasakan suasana yang ada didalam cerita. Buku ini mampu menjelaskan dengan sangat jelas tentang karakter Sibu yang luar biasa yang mampu mengantarkan anak-anaknya menuju gerbang kesuksesan.

Tidak ada gading yang tak retak begitu perumpamaannya Demikian pula dengan buku Sibu terdapat beberapa kekurangan didalamnya, diantaranya yaitu ada beberapa salah ketik, ada bagian yang bahasanya ambigu dan susah dimengerti. Didalam buku ini tidak mencantumkan tanggal meninggalnya suami Sibu atau RM Wirjo Soegito padahal menurut saya itu sangat penting. Selanjutnya ada ketidakcocokan didalam buku ini yaitu jika diawal dijelaskan bahwa Sibu merawat 13 anaknya sendirian namun pada bagian lain yaitu pada bab 7 Bunga Rampai yang mana memuat tentang kenangan bersama Sibu disana dijelaskan bahwa Sibu memiliki 12 anak karena salah satu anaknya yang bernama Kang Mas Raharjo sudah meninggal lebih dulu daripada Bapak RM Wirjo Soegito. Selanjutnya Wibowo sibungsu didalam inti buku tidak dijelaskan tentang Wibowo yang meninggal saat SMA kelas 1 karena sakit kanker otak. Ini hanya dijelaskan oleh salah satu anak Sibu pada bagian bab 7 padahal seharusnya dijelaskan pula di dalam inti buku.


Eri Fitniati, di beberapa buku tertulis dengan nama pena Rifia FN. Tulisan-tulisan Eri, baik fiksi maupun nonfiksi sudah ada beberapa yang dibukukan. Jika pembaca ingin berkenalan lebih jauh dengan penulis, bisa hubungi nomor 085740398857.

Apa komentarmu?

Tenang, email-mu tidak dipublikasikan - bagian * wajib diisi

Copyright © 2022 Akademi Penulis Buku

Naskah enggak tuntas itu perkara kemampuan nulis, atau masalah manajemen waktu, atau masalah psikologis? Yuk kita bedah masalahmu itu bersama Anang YB yang sukses menulis 80+ naskah buku!

Panduan lengkap untuk makeover akun Instagram Anda dengan jurus membuat desain, caption, manajemen posting, riset hashtag, carousel, single post, bonus ebook 200 Ide Konten Instagam. Kelas Favorit!

Kelas terbaik untuk Anda yang ingin semakin profesional. Negosiasi adalah hal “berat” terutama Anda yang hanya mengandalkan skill menulis. Yuk upgrade sekarang  + bonus template SURAT KONTRAK.

Bingung untuk menerbitkan naskahmu? Ikut aja kelas paling interaktif dan komplet membahas Self Publishing tanpa pusing!  Kamu dapat menerbitkan dan menjualnya SECEPATNYA di bawah kendali Anda.

Name - City
Membeli Product Time