Tabir Pikiran Bawah Sadar

Judul Buku : Tabir
Penulis : Ika Patte
Halaman : 141 Halaman
Penerbit : Stiletto Indie Book-Hard Cover

Peresensi: Juni Soekendar

Energi Alam bawah Sadar. Sigmund Freud, seorang ahli di bidang psikologi asal Austria, mengatakan bahwa manusia memiliki dua jenis alam pikiran, yaitu pikiran sadar (conscious mind) dan pikiran bawah sadar (subconscious mind). Perbedaan antara pikiran sadar dan pikiran bawah sadar manusia itu diibaratkan seperti fenomena gunung es.

Sebuah gunung es, hanya sebagian kecil atau sekitar 10% saja yang tampak di permukaan laut, sementara 90% nya tidak nampak, karena berada di bawah permukaan laut. Alam pikiran manusia, bagian terbesarnya yang 90% itu adalah alam pikiran bawah sadar, yang tersimpan di dalam jiwa. Kekuatan dan pengaruh alam pikiran bawah sadar ini jauh lebih dahsyat jika dibanding dengan alam sadar (kompasiana.com).

Novel yang ditulis oleh Ika Patte menggambarkan bagaimana kekuatan pikiran bawah sadar bekerja. Tokoh Mera kehilangan jati dirinya dikarenakan oleh sebuah pengabaian yang dilakukan tanpa disadari oleh seorang ibu kepada putrinya. Sebuah pencarian kebenaran akan sebuah asal usul diri demi ketenangan hidupnya.

Penulis meceritakan dalam bab demi bab bagaimana alam bahwah sadar ini meminta panggung/memunculkan rasa untuk diterima dan untuk diakui. Dia muncul dalam ilusi berbagai bentuk.

Buku ini idenya sangat bagus, memberi kesadaran bahwa masalalu berdampak kemasa kini dan akan datang dan memendamkan potensi diri seseorang. Ditulis dan diceritakan dengan sebuah ilustrasi tentang harapan sebuah hubungan yang sejati yang diinginkan oleh seorang tokoh dalam cerita ini.

Tokoh Mera berjuang keluar didalam misteri hidupnya melepas belenggu yang mengikat dirinya, dengan berkesadaran pulang kerumah ibu untuk mendapat jawaban semuanya sekalipun ibunya merasakan perih atas luka bathinnya yang ditularkan kepada tokoh Mera.

Sayang, penulis tidak menceritakan bagaimana temannya sebagai seorang psikolog dalam berdialog dengan Mera secara tuntas, di bab ini terkesan mengambang.

Buku bagus diceritakan dengan bahasa mengalir dengan memakai POV berganti-ganti dan gampang dimengerti. Sukses buat penulis Ika Patte.

Apa komentarmu?

Tenang, email-mu tidak dipublikasikan - bagian * wajib diisi

Copyright © 2022 Akademi Penulis Buku

Naskah enggak tuntas itu perkara kemampuan nulis, atau masalah manajemen waktu, atau masalah psikologis? Yuk kita bedah masalahmu itu bersama Anang YB yang sukses menulis 80+ naskah buku!

Panduan lengkap untuk makeover akun Instagram Anda dengan jurus membuat desain, caption, manajemen posting, riset hashtag, carousel, single post, bonus ebook 200 Ide Konten Instagam. Kelas Favorit!

Kelas terbaik untuk Anda yang ingin semakin profesional. Negosiasi adalah hal “berat” terutama Anda yang hanya mengandalkan skill menulis. Yuk upgrade sekarang  + bonus template SURAT KONTRAK.

Bingung untuk menerbitkan naskahmu? Ikut aja kelas paling interaktif dan komplet membahas Self Publishing tanpa pusing!  Kamu dapat menerbitkan dan menjualnya SECEPATNYA di bawah kendali Anda.

Name - City
Membeli Product Time